Selasa, 13 Desember 2016

Apa Itu Tumor Hati ?

Apa Itu Tumor Hati ? Penyakit tumor hati adalah suatu penyakit yang menakutkan dan berbahaya, penyakit tumor hati di bagi menjadi dua yaitu tumor hati jinak dan tumor hati ganas. Tumor hati ganas ini berasal dari hati, dan biasa di sebut sebagai kanker hati primer. Tumor hati jinak lebih sering di temukan namun terkadang tidak menimbulkan tidak menimbulkan gejala gejala, dan sebagian besar terdeteksi atau di temukan ketika seseorang melakukan pemeriksaan ( melalui USG, CT atau MRI ).
Tumor hati bisa jinak (benigna) maupun ganas (maligna).Tumor yang ganas bisa berasal dari hati atau merupakan penyebaran (metasatase) dari bagian tubuh yang lain. Tumor ganas yang berasal dari hati disebut kanker hati primer dan yang berasal dari bagian tubuh yang lain disebut kanker metastatik. Sebagian besar kanker hati merupakan kanker metastatik.
Penyakit tumor hati yang jinak relatif sering ditemukan, tetapi biasanya tidak menimbulkan gejala-gejala. Sebagian besar ditemukan pada saat penderita menjalani pemeriksaan skening (misalnya USG, CT atau MRI), untuk alasan lainnya. Beberapa jenis tumor jinak ini menyebabkan hati jadi membesar atau mengalami perdarahan ke dalam rongga perut. Hati biasanya berfungsi secara normal, sehingga pemeriksaan darah memberikan hasil yang normal atau hanya terjadi peningkatan yang ringan dari kadar enzim-enzim hati.

Yang merupakan tumor jinak hati:

  • Adenoma hepatoseluler
  • Hemangioma
  • Yang merupakan tumor ganas hati:
  • Hepatoma
  • Kolangiokarsinoma
  • Hepatoblastoma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar